Minggu, 25 November 2012

RESUME ARTI KEPEMIMPINAN DALAM BERORGANISASI


RESUME ARTI KEPEMIMPINAN DALAM BERORGANISASI

Organisasi adalah alat dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tuhuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dipilihlah seorang pemimpin sebagai penggerak atau motivator dalam organisasi.
syarat ideal yang haru dimiliki oleh seorang pemimpin, akan tetapi beberapa di antaranya adalah:
aMemiliki pengetahuan yang luas dan berpendidikanPemimpi yang baik adalah yang generalist yang baik juga,Kemampuan memimpin berkembang secara mental, Selalu Ingin Tahu, Bertanggung jawab, dapat dipercaya, tertib dan teratur, Dapat mengatur waktunya dengan baik, Mampu menganalisis,  Memiliki daya ingat yang kuat, kebiasaan yang baik dan kapasitas integrative,  Memiliki keterampilan dalam berkomunikasI, dan mendidik,  Memiliki pandangan yang personalitas dan objektifitas,  Pragmatis,  Memiliki naluri dalam memutuskan prioritas.

m.    Sederhana, berani, siap bekorban, berpikir terbuka, tegas dan sebagainya.
Sedangkan Kepemimpinan adalah proses dimana seseorang mampu mempengaruhi keputusan dan dapat memberi contoh terhadap suatu golongan atau organisasi tertentu dikarenakan adanya kekuasaan untuk mencapai suatu tujuan bersama.

·         Tipe – tipe Kepemimpinan
Dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin organisasi seorang pemimpin memiliki beberapa tipe yang dapat dilihat dari caranya bersikap dan memimpin serta menilai anggotanya dan cirri-ciri khusus pada masing-masing tipe. Tipe – tipe tersebut ialah:
  • Tipe Kepemipinan Otokrasi Tipe kepemimpinan ini selalu menganggap dirinya benar, egois dan menilai kepemimpinan adalah hak yang diberikan padanya.
  • Tipe Kepemimpinan Militeris Yang dimaksud dengan Tipe Kepemimpinan militeris disini tidak sama dengan pemimpin dalam dunia militer, artinya seorang yang memimpin di dunia militer pun tidak semua memiliki tipe kepemimpinan yang militeris.
  • Tipe Kepemimpinan Fathernalistik Tipe ini selalu menggunakan pendekatan kebapa-an yang sifatnya terlalu sentimental dalam memerintahkan anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Tipe Kepemimpinan Karismatik Tipe kepempinan ini jelas sangat sulit untuk dijelaskan sifat-sifat atau karakteristik yang dimilikinya karena Kharisma seseorang itu muncul alami dari dirinya sendiri. Yang dapat diketahui adalah seorang pemimpin yang kharismatik mempunyai daya tarik tersendiri terhadap dirinya sendiri ataupun organisasinya sehingga membuat anggota dan orang lain simpatik.
  • Tipe Kepemimpinan Demokratis Dari semua tipe kepemimpinan, Tipe pemimpin yang Demokratis dianggap paling ideal dan yang terbaik. Ini karena pemimpin yang demokratis selalu mendahulukan kepentingan orang banyak (organisasi/umum) dibandingkan kepentingan dirinya sendiri atau keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar